Tuesday 29 November 2011

Public relation dalam dunia entrepreneur

Kabarkami.com, entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kecakapan tinggi dalam melakukan perubahan serta memiliki karakteristik yang hanya ditemukan sangat sedikit dalam sebuah populasi. Sedangkan Public relation(PR) sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi.

Entrepreneur, setelah terjangkiti virus ini seseorang akan punya pola pikir baru dan berani mengambil langkah yang selama ini belum pernah dilakukan sepanjang hidupnya demi sebuah tantangan baru, menjadi entrepreneur sukses alias pengusaha. Untuk itulah banyak atlet atau para pekerja seni yang beralih ke entrepreneurship. Saat mereka pensiun dari dunia mereka, menjadi entrepreneur merupakan sebuah pilihan profesi yang cukup menjanjikan. di sinilah peran public relation sangat di butuhkan atau para konsultan PR,  selain  pintar membaca peluang Public relation juga sudah berbekal pengetahuan serta pengalaman dalam hal Inovasi dan berkreasi .

Abdul jalil. Si.Kom, M.Si. Selaku ketua Prodi komunikasi di Universitas Fajar makassar,  menuturkan bahwa didalam entrepreneur sendiri sangatlah erat kaitannya dengan seorang Publuic Relation atau konsultan Public Relation. Terutama dalam membangun pencitraan perusahaan serta menjalin komunikasi yang baik kepada masyarakat.

Public relation haruslah pandai melihat peluang dan bisa menciptakan kesempatan. Itulah prinsip dasar dari seorang PR, dimana seorang PR harus selalu siap dalam suasana dan kondisi yang rumit, dan tidak ada rasa takut sedikitpun dalam menghadapi masalah.

Lain halnya dengan salah satu dosen Public Relation(PR) di unifa makassar, Reynold aslin. Mba. mengatakan, Public Relation itu sendiri di wajibkan dan diharuskan memiliki daya inovasi tinggi yang berupa, IDEA yang merupakan karakter seorang Public Relation dalam ruang entrepreneur yang bisa tumbuh dengan berkelanjutan atau bertahan hidup. IDEA itu sendiri  yang diartikan yaitu, inovasi berupa selalu melakukan perubahan-perubahan dasar atau menciptakan sendiri gaya baru dari perusahaan tersebut, Developer atau pengembang yaitu mengembangkan suatu ide yang inovatif, Empowerment yaitu memberdayakan masyarakat untuk mengatasi suatu issue yang mengancam perusahaan, Action berbentuk  segala tindakan untuk menciptakan kesempatan dan mengambil kesempatan atau peluang.

Terkait terhadap entrepreneurnya. Kemauan,  kemampuan melihat suatu peluang, mempunyai tekad yang bulat serta mempunyai mental yang kuat adalah modal utama yang harus dimiliki bagi seorang entrepreneur sejati.  Dan bagi seorang Public Relation haruslah mempunyai mental yang kuat serta dapat bertahan dalam kondisi apapun,  berfikir cepat, bertindak tepat dan mempunyai komunikasi yang baik .

No comments:

Post a Comment