Thursday 1 December 2011

Ideologi, gaya Hidup dan populasitas punk makassar

Punk teraplikasi oleh gaya hidup dan pola pikir yang mirip dengan para pendahulu gerakan seni avant-garde, yaitu dandanan nyleneh, mengaburkan batas antara idealisme seni dan kenyataan hidup, mereorganisasi atau mendisorganisasi secara drastis kemapanan gaya hidup. serta meyakini satu hal, bahwa hebohnya penampilan(appearances) harus disertai dengan hebohnya pemikiran(ideas).

Punk di makassar berkembang pada pertengahan 90 an sebagai buah kekecewaan musisi rock kelas bawah terhadap industri musik ibu kota yang saat itu didominasi musisi pop-rock alternative mapan, seperti dewa 19, slank, jamrud dll. Musisi punk tidak memainkan nada-nada rock teknik tinggi atau lagu cinta yang menyayat hati serta musik punk jauh dari jenis 'alay' dan 'lebay'(istilah jaman sekarang). Sebaliknya, lagu-lagu punk lebih mirip teriakan protes demonstran terhadap kejamnya dunia. Lirik lagu-lagu punk menceritakan rasa frustrasi, kemarahan, dan kejenuhan berkompromi dengan hukum jalanan, pendidikan rendah, kerja kasar, pengangguran serta represi aparat, pemerintah dan figur penguasa terhadap rakyat.

Tapi lain halnya di makassar musik punk terus menggempur dan mengepung dengan kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh para komunitas punk yang saat itu sedang berkembang pesat dikota angin mamiri ini, RRI dan gedung Manunggal(sekarang balai Prajurit Jend.M. Yusuf) menjadi saksi bisu kejayaan punk pada pertengahan 90an hingga 2003.

Beberapa komunitas punk di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Makassar, dan Malang merintis usaha rekaman dan distribusi terbatas. Mereka membuat label rekaman sendiri untuk menaungi band-band sealiran sekaligus mendistribusikannya ke pasaran. Seluruh produk dijual terbatas dan dengan harga yang amat terjangkau. Dalam kerangka filosofi punk, distro adalah implementasi perlawanan terhadap perilaku konsumtif anak muda pemuja Levi's, Adidas, Nike, Calvin Klein, dan barang bermerek luar negeri lainnya.

So.......Ideologi hidup idealis harus dipegang teguh tapi tidak untuk diyakini, cukup diaplikasikan dalam bentuk tindakan yang disertai pemikiran. Karena keyakinan kita cuman 1 yaitu maha pencipta.

Tuesday 29 November 2011

Public relation dalam dunia entrepreneur

Kabarkami.com, entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kecakapan tinggi dalam melakukan perubahan serta memiliki karakteristik yang hanya ditemukan sangat sedikit dalam sebuah populasi. Sedangkan Public relation(PR) sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi.

Entrepreneur, setelah terjangkiti virus ini seseorang akan punya pola pikir baru dan berani mengambil langkah yang selama ini belum pernah dilakukan sepanjang hidupnya demi sebuah tantangan baru, menjadi entrepreneur sukses alias pengusaha. Untuk itulah banyak atlet atau para pekerja seni yang beralih ke entrepreneurship. Saat mereka pensiun dari dunia mereka, menjadi entrepreneur merupakan sebuah pilihan profesi yang cukup menjanjikan. di sinilah peran public relation sangat di butuhkan atau para konsultan PR,  selain  pintar membaca peluang Public relation juga sudah berbekal pengetahuan serta pengalaman dalam hal Inovasi dan berkreasi .

Abdul jalil. Si.Kom, M.Si. Selaku ketua Prodi komunikasi di Universitas Fajar makassar,  menuturkan bahwa didalam entrepreneur sendiri sangatlah erat kaitannya dengan seorang Publuic Relation atau konsultan Public Relation. Terutama dalam membangun pencitraan perusahaan serta menjalin komunikasi yang baik kepada masyarakat.

Public relation haruslah pandai melihat peluang dan bisa menciptakan kesempatan. Itulah prinsip dasar dari seorang PR, dimana seorang PR harus selalu siap dalam suasana dan kondisi yang rumit, dan tidak ada rasa takut sedikitpun dalam menghadapi masalah.

Lain halnya dengan salah satu dosen Public Relation(PR) di unifa makassar, Reynold aslin. Mba. mengatakan, Public Relation itu sendiri di wajibkan dan diharuskan memiliki daya inovasi tinggi yang berupa, IDEA yang merupakan karakter seorang Public Relation dalam ruang entrepreneur yang bisa tumbuh dengan berkelanjutan atau bertahan hidup. IDEA itu sendiri  yang diartikan yaitu, inovasi berupa selalu melakukan perubahan-perubahan dasar atau menciptakan sendiri gaya baru dari perusahaan tersebut, Developer atau pengembang yaitu mengembangkan suatu ide yang inovatif, Empowerment yaitu memberdayakan masyarakat untuk mengatasi suatu issue yang mengancam perusahaan, Action berbentuk  segala tindakan untuk menciptakan kesempatan dan mengambil kesempatan atau peluang.

Terkait terhadap entrepreneurnya. Kemauan,  kemampuan melihat suatu peluang, mempunyai tekad yang bulat serta mempunyai mental yang kuat adalah modal utama yang harus dimiliki bagi seorang entrepreneur sejati.  Dan bagi seorang Public Relation haruslah mempunyai mental yang kuat serta dapat bertahan dalam kondisi apapun,  berfikir cepat, bertindak tepat dan mempunyai komunikasi yang baik .